Toko obat kuat on line

Cara Budidaya Lele Dalam Drum Atau Tong


Siapa sih yang gak kenal dengan hewan lele, hewan berkumis yang mempunyai rasa nikmat. Di sepanjang jalan yang kita lewati sering kali melihat menu-menu yang berasal dari ikan ini. Misalnya pecel lele, keripik lele dan masih banyak lagi. Maka dari itu banyak yang ingin tahu cara ternak lele dalam drum, karena ikan lele banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari ikan lele ini. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa ikan ini bermanfaat bagi jantung dan otak kita. 


Memang bisnis ikan lele ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Namun masih banyak orang  yang beranggapan bahwa bisnis ikan lele ini termasuk usaha yang sulit karena sering kali bibit lele yang ditebarkan banyak yang mati. Sebagian besar mengeluhkan begitu sulitnya membuat ikan ini bisa beradabtasi dengan lingkungan dan  cuaca sekitar. Sebenarnya anggapan itu adalah salah. Ikan lele merupakan hewan yang mudah sekali beradabtasi dengan lingkungan dan cuaca sekitar. Kematian pada ikan merupakan seleksi alam. Selain dari seleksi alam, kematian ikan lele dumbo juga bisa disebabkan oleh virus ataupun makanan yang anda berikan. Untuk mengatasi jumlah kematian ikan yang lebih banyak kita harus mengetahui cara - caranya.
Di artikel saya kali ini saya akan mengangkat judul Cara Ternak Lele Dalam Drum Plastim Bagi Pemula. Di dalam artikel ini saya lebih memilih ikan lele jenis dumbo karena ikan ini merupakan ikan yang berasal dari afrika yang mempunyai ukuran lebih besar dari pada ikan lele yang lain dan patilnya tidak begitu tajam.

Selain itu saya juga mengangkat topik beternak ikan lele di dalam drum plastik karena menurut sumber bahwa ikan ini bisa hidup disegala media termasuk kolam tanah, terpal, drum plastik dan lainnya. Dengan penggunaan drum plastik lebih memudahkan bagi siapapun yang ingin memelihara ikan ini tanpa membutuhkan media yang luas. Selain itu penggunaan drum plastik akan lebih awet dibandingkan dengan menggunakan terpal. Drum seperti yang terdapat di samping dapat menampung kurang lebih 200 ekor lele.

Cara Ternak Ikan Lele Di Dalam Drum :
  1. Potonglah drum menyamping kurang lebih 1/8 bagian. ( Seperti gambar ke dua di atas )
  2. Isilah dasar drum tersebut dengan tanah dan pupuk kandang kurang lebih 1/2 kg, kemudian diamkan dan tunggu sampai sampai keluar jentik - jentik ( Kurang lebih 2 minggu )
  3. Isi drum dengan air sumur ( Tidak mengandung kaporit ) kurang lebih setinggi 1/2 atau 2/3 drum. Jangan mengisi air terlalu penuh karena dapat menyebabkan ikan anda akan melompat keluar drum
  4. Masukkan benih lele dumbo ukuran 7 sampai 10 cm sebanyak 150 sampai 200 ekor
  5. Berikan pakan berupa pelet sehari 3 kali. 
  6. Gantilah air setiap  seminggu sekali
  7. Setelah 2 bulan pilahlah ikan sesuai ukurannya. Ikan lele  termasuk ikan yang kanibal. Ikan ini akan memangsa ikan yang lebih kecil ketika lapar. 
  8. Setelah 3 bulan anda bisa mulai memanen ikan lele dumbo anda. Biasanya ikan akan bisa dipanen jika ikan sudah mempunyai berat 1 kg untuk 6 - 8 ekornya. Dalam beternak dalam satu drum ini biasanya seorang petani akan mampu memperoleh hasil sekitar 30 kg.
Demikian artikel tentang Cara Ternak Lele Dalam Tong Bagi Pemula. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencari penghasilan lebih melalui usaha ini. Mungkin anda berkenan membaca artikel kami yang lain tentang Cara Budidaya Belut Dalam Drum. Terimakasih atas kunjungan anda. Jangan lupa share keteman - teman anda, barang kali ada diantaranya yang membutuhkan. Selamat mencoba....
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CATATAN KECIL EDI ISMAIL MZ - All Rights Reserved
About | Contact | Privacy Policy | Sitemap | Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger